Wednesday, October 31, 2012

15 Fakta Menarik Google Dihari Ulang Tahun ke-15

Google 15

Akhir pekan ini Google berulang tahun yang ke-15. Domain Google yang kini begitu terkenal itu didaftarkan pada 15 September 1997 walaupun Google secara resmi baru menjelma sebagai perusahaan sekitar hampir setahun kemudian.
Mari merayakan ulang tahun Google dengan mengungkap 15 fakta menarik tentang raksasa mesin pencari internet itu.



Google tak selalu dinamai Google. Sebelum pendirinya, Sergey Brin dan Larry Page memilih nama Google, mesin pencari mereka dimulai dengan sebuah proyek ilmiah di kampus tempat kuliah mereka di Stanford University - dikenal dengan nama 'BackRub'.


Di antara banyak layanan miliknya, Google juga menawarkan layanan dalam bahasa Klingon, salah satu ras di kisah fiksi Star Trek. Bahasa Klingon mulai diperkenalkan dalam layanan Google sejak 2002.


Sementara kemampuan berbahasa lainnya yang dilimiliki Google adalah bahasa 'Swedish Chef; sebuah karakter di film The Muppet Show, yang mulai diperkenalkan pada 2001.


Bicara tentang chef, Google merupakan perusahaan yang terkenal dalam menjaga kualitas makanan yang mereka sediakan untuk karyawan mereka di kantor. Google pertama kali mempekerjakan seorang koki di perusahaan mereka pada 1999, ketika mereka hanya memiliki 40 orang karyawan. Koki yang mereka rekrut saat itu adalah Charlie Ayers, yang sebelumnya merupakan koki untuk grup rock The Grateful Dead.


Dan koneksi mereka terhadap musik tak hanya itu. Pada 2008 Google bekerja sama dengan grup musik Radiohead dalam sebuah vieo klip musik berjudul 'House of Cards'. Klip video ini dibuat tanpa memakai satupun kamera, melainkan dengan memindai data menggunakan teknologi laser.


Untuk beberapa tahun pertama, logo Google memiliki karakter tambahan, yakni tanda seru, seperti pada Yahoo!  Dan seperti yang Anda lihat di foto ini, logo Google terlihat tak berada tepat di bagian tengah. Ia terlihat lebih condong ke sebelah kiri. Dan hal ini baru diperbaiki pada 2001.


Tradisi Google Doodel yang terkenal sebagai alternatif kreatif dari logo perusahaan, sebenarnya berawal dari tahun 1998, ketika para pendiri, Page dan Brin ingin agar para pengguna Google mengetahui bahwa mereka tidak di kantor saat itu, melainkan sedang menghadiri acara Burning Man Festival di Nevada. Oleh karenanya, saat itu google menambahkan gambar kecil burning man di belakang logo mereka.


Storage pertama Google yang digunakan sejak layanan itu bernama BackRub, terbuat dari sepuluh hard disk berkapasitas 4 GB. Semuanya disimpan dalam sebuah tempat storage yang terbuat dari... LEGO.
Sejak saat itu, Google selalu memiliki kesukaan terhadap mainan kotak plastik kecil itu. Dan itu tergambar pada sebuah foto logo Google yang semuanya terbuat dari LEGO, yang dipajang di markas perusahaan itu di Mountain View.



Di kantor pusat mereka, Google menyewa kawanan kambing dari perusahaan penyewaan kambing lokal. Kawanan kambing ini disewa untuk menggantikan tugas mesin pemotong rumput.


Kini Google telah membeli garasi sederhana yang dulu mereka sewa sebagai kantor pertama mereka. Garasi itu terletak di sebuah rumah di 232 Santa Margarita, Menlo Park, milik Susan Wjcicki, yang saat itu belum bekerja untuk Google. Namun, kemudian ia bergabung, dan kini Susan adalah Senior Vice President di Google, dan saudara perempuannya kemudia menikahi Sergey Brin. Google akhirnya membeli rumah itu beserta garasinya dari Wojcicki pada 2006.


Tombol Google yang terkenal: 'Saya Lagi Beruntung' yang akan membawa Anda untuk langsung mendapatkan hasil pertama, ternyata hanya digunakan oleh sekitar 1 persen pengguna. Namun hingga kini, Google tidak menghilangkan fitur itu, padahal mereka tak bisa menampilkan iklan setiap kali orang menggunakan fitur itu. Sebab, sepertinya, hal itu membuat pengguna menjadi merasa nyaman... walaupun mereka tidak menggunakannya.


Mobil Google yang dapat berjalan sendiri, sejak Maret 2012, secara hukum telah diperbolehkan untuk menyusuri jalan-jalan di Nevada, AS (kendati harus ditemani oleh seseorang yang duduk di depan kemudi. Gambar di atas adalah salah satu mobil Google yang dapat mengemudi sendiri saat berada di sekitar Las Vegas.


Kata kerja 'to google' secara resmi ditambahkan ke dalam kamus Oxford English Dictionary pada Juni 2006.


Di antara obyek-obyek yang akan Anda temui di markas Google Mountain View adalah kerangka Tyrannosaurus rex berukuran sebenarnya, dan model pesawat luar angkasa swasta pertama yang berhasil menuntaskan misi berawak pada 2004: SpaceShipOne, dengan ukuran yang seperti pesawat aslinya. (Google juga menjadi sponsor hadiah multijuta dolar bagi perusahaan pertama yang berhasil melakukan pendaratan di bulan).















1 comments:

  1. wow, bener2 perjalanan google yang panjang :D

    Selamat tambah umur google, makin bermanfaat yaa :D

    ReplyDelete