1. Pada dasarnya strategi pemasaran perlu di rencanakan dengan baik
2. Tidak hanya perush besar yg perlu perencanaan pemasaran, strategi ini penting jg utk Pebisnis/UKM
3. Tentukan objective marketing plan: misal utk meningkatkan penjualan/launch produk baru dll
4. Lakukan analisa pasar, cek pemain yg sudah ada di market, tingkat persaingan, analisa harga dll
5. Jika akan meluncurkan produk baru, maka cek apakah msh berpotensi utk bertumbuh/sukses sbg newcomer #MarketingPlanUKM
6. Cek kemampuan kita, analisa klebihan/kelemahan kita. Cek resource yg kita punya serta alokasi budget #MarketingPlanUKM
7. Tentukan segmen market yg hendak kita tuju, segmen inilah yg akan jd fokus strategi marketing kita #MarketingPlanUKM
8. Lakukan riset konsumen sehingga kita tahu apa yang diinginkan konsumen #MarketingPlanUKM
9. Riset konsumen bs dgn kuantitatif (qnaire) atau kualitatif (FGD, interview) #MarketingPlanUKM
10. Jika belum mempunyai merek yg fix, pastikan logo mereknya, usahakan sudah trdaftar di dirjen HaKI #MarketingPlanUKM
11. Tentukan produk mana yg akan di pasarkan, pastikan variannya, sesuaikan dg segmen yg dituju #MarketingPlanUKM
12. Rencanakan pengembangan produk, inovasi dan yg pastikan kedepankan kelebihan produknya #MarketingPlanUKM
13. Tentukan harga utk produk yg akan dpasarkan, pastikan produkny mnguntungkan, cek ongkos produksiny#MarketingPlanUKM
14. Pricing mix strategy bs dlakukan ukm, misal saat awal launching ada paket khusus/ harga lebih murah #MarketingPlanUKM
15. Rencanakan lokasi jualan,pastikan strategis. Klo online, bangun strategi online (cek fav utk detail) #MarketingPlanUKM
16. Promosi perlu dlakukan stelah harga & produk dtentukan. Pilih media & strategi promosi yg sesuai #MarketingPlanUKM
17. Strategi promosi bs dlakukan sec online/offline, susun strategi promosi dg baik, detail di favorite #MarketingPlanUKM
18. Usahakan ada tim khusus yg handle dan monitor strategi marketing yang akan dilakukan. #MarketingPlanUKM
19. Jika ada target sales dr strategi marketing yg akan dbuat, maka komunikasikan ke tim marketingnya #MarketingPlanUKM
20. Evaluasi & buat parameter kesuksesan dr strategi marketingnya: target sales, reach, awareness dll #MarketingPlanUKM
0 comments:
Post a Comment